Tinjauan obesitas anak sekolah

Buku Kedokteran EGC; Paha dan lengan atas jauh lebih besar, jari-jari tangan relatif kecil dan runcing. Seseorang cenderung mengonsumsi makanan kaya lemak dan tidak melakukan aktivitas fisik yang seimbang akan mengalami obesitas. Perilaku tampak pada kegiatan keluarga yang mempunyai tiga unsur utama yang mempengaruhi nya.

Pada penderita obesitas sering terjadi gangguan psikologis, baik sebagai tinjauan obesitas anak sekolah ataupun sebagai akibat dari obesitasnya.

Nelson textbook of fediatrics. Saat bayi berumur sampai dua tahun merupakan saat paling mudah menimbun lemak. Individu berkembang dari saat pertama kali ia menunjukkan tanda-tanda sekundernya sampai ia mencapai kematangan seksual.

Diterjemahkan dari Behrman, Kliegman, Arvin, dkk. Pengukuran IMT pada anak-anak dapat dilakukan pada rentang usia tahun. Terjadi peralihan dari ketergantungan sosial yang penuh kepada yang relatif lebih mandiri. Bayi gemuk belum tentu sehat, bahkan dapat berakibat negatif dan membawa berbagai kesulitan seperti tingginya risiko kejang.

Antropometri Dipandang dari sudut pandang gizi, maka antropometri gizi berhubungan dengan berbagai macam pengukuran dimensi tubuh dan komposisi tubuh dari berbagai tingkatan umur dan tingkatan gizi. Sedang Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB menetapkan umur 15 — 24 tahun sebagai usia pemuda youth dalam rangka keputusan mereka untuk menetapkan tahun sebagai Tahun Pemuda Internasional.

Menurut Supariasa dkkada beberapa cara yang dilakukan untuk menilai status gizi adalah: Klinis Pemeriksaan klinis adalah metode yang sangat penting dalam menilai status gizi masyarakat.

Di lain pihak globalisasi memperkenalkan mode dan gaya berpakaian memakai tubuh yang langsung yang mungkin akan mendorong remaja berusaha menurunkan berat tubuhnya yang normal terhadap tinggi badan sehingga menjadi gizi kurang Story dan Alton, Jumlah makanan yang tersedia tergantung dari segi ekologi seperti iklim, tanah, irigasi dan lain-lain.

Kelebihan asupan energi disimpan dalam jaringan lemak. Dalam definisi tersebut dikemukakan tiga kriteria remaja yang berbunyi sebagai berikut: Parameter adalah ukuran tunggal dari tubuh manusia yaitu seperti umur, berat badan, tinggi badan, lingkar lengan atas, lingkar kepala, lingkar dada, lingkar pinggul dan tebal lemak di bawah kulit.

Wahab S. Perubahan-perubahan fisik yang akan terjadi merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja, sedang perubahan-perubahan psikologik muncul antara lain akibat dari perubahan-perubahan fisik itu.

Overweight atau obesitas sejak usia belia cenderung lebih berat dan beresiko tinggi menjadi obesitas dimasa dewasa. Pertumbuhan fisik yang cepat yang tampak dan yang tak tampak dari luar dan ditandai adanya tanda kelamin sekunder.

Pada tahunWHO memberikan definisi tentang remaja yang bersifat konseptual. Untuk menentukan masalah KEP dilakukan pengukuran antropometri yang umumnya meliputi berat badan dan tinggi badan. Seperti pada para atlet yang berlatih dengan teratur akan menyebabkan masa otot yang tumbuh dengan baik akan memunyai berat badan rata-rata yang lebih dari sebayanya, namun tidak dapat disebut sebagai obesitas.

Penderita obesitas, terutama yang menjadi gemuk pada masa kanak-kanak, biasa memiliki sel lemak sampai lima kali lebih banyak dibandingkan dengan orang yang berat badannya normal.

Kata kunci: Hal ini dapat dinilai pada jaringan epitel, seperti kulit, mata, rambut, dan mucosa oral. Khumaidi, Informasi kesenjangan mempengaruhi gaya hidup dan pola makan kelompok remaja. Makan yang berlebihan sudah pasti bisa menyebabkan obesitas, dan porsi makan yang baik yaitu tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

Tinjauan Umum Tentang Aktifitas Aktifitas adalah kegiatan atau kesibukan individu dalam kesehariannya.

Biofisik Metode penentuan status gizi dengan melihat kemampuan fungsi khususnya jaringan dan melihat perubahan struktur dari jaringan. Kedua pola makan ini biasanya di picu oleh stres dan kekecewaan. Obesitas pada anak disebabkan oleh masukan makanannya yang berlebih.

Seorang bayi yang menangis belum tentu merasa lapar, mungkin merasa sakit pada bagian tubuh tertentu atau pakaiannya basah. Pengukuran faktor ekologi dipandang sangat penting untuk mengetahui penyebab malnutrisi di suatu masyarakat sebagai dasar untuk melakukan program intervensi gizi Schrimshaw, dalam Supariasa dkk, Pemeriksaan antropometri yang sering digunakan adalah berat badan terhadap tinggi badan, berat badan terhadap umur dan tebalnya lipatan kulit.

Penilaian status gizi secara tidak langsung a. Faktor ekologi Bengoa dalam Supariasa, dkkmengungkapkan bahwa malnutrisi merupakan masalah ekologi sebagai hasil dari interaksi beberapa faktor fisik, biologis, dan lingkungan budaya.

Juga tumbuhnya sifat ingin bebas dan makan di luar rumah, perhatian yang mendalam dalam penampilan dan berat badan, kebutuhan untuk dapat diterima oleh kelompok usia sebaya yang menjadi panutan dan adanya aktivitas gaya hidup remaja.

All rights reserved.Obesitas anak dapat memberikan tekanan dan regangan yang lebih besar terutama pada tulang kaki daripada anak dengan berat normal. Oleh karena itu tulang kaki anak obesitas biasanya mempunyai ukuran yang lebih besar, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan ketika berjalan ataupun berlari.

Obesitas pada anak perempuan disebabkan karena pengaruh hormon yang menyebabkan produksi lemak di bagian-bagian tertentu lebih nampak seperti pada bokong, lengan, betis dan payudara.

Untuk anak laki-laki pada tahun jumlah anak yang mengalami obesitas sebanyak 6,3%, sementara untuk anak perempuan lebih tinggi yaitu 8,7%.Author: Skripsikesehatanmasyarakat. i HALAMAN PENGESAHAN TESIS FAKTOR RISIKO OBESITAS PADA ANAK USIA SEKOLAH (Studi Kasus di SD/MI di Kecamatan Tembalang Kota Semarang) oleh: Astidio Noviardhi.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Anak Usia Sekolah 1. Definisi Anak Usia Sekolah Menurut Wong (), usia sekolah adalah anak pada usia tahun, yang artinya sekolah menjadi pengalaman inti anak.

TINJAUAN PUSTAKA KEGEMUKAN DAN OBESITAS PADA ANAK-ANAK

11 BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Anak 1. Pengertian Anak Anak menurut bahasa adalah keturunan kedua sebagai hasil antara hubungan pria dan wanita. BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Obesitas a. Definisi Obesitas Obesitas adalah kelebihan lemak dalam tubuh, yang umumnya ditimbun dalam jaringan subkutan (bawah kulit), sekitar organ tubuh.

Tinjauan obesitas anak sekolah
Rated 5/5 based on 52 review