Makalah biosintesis karbohidrat

Respirasi yaitu suatu proses pembebasan energi yang tersimpan dalam zat sumber energi melalui proses kimia dengan menggunakan oksigen. Bagian pertama meliputi tahap reaksi enzim yang memerlukan ATP, yaitu tahap reaksi dari glukosa sampai dengan pembentukan fruktosa 6-fosfat. Sedangkan kilomikron remnant akan dimetabolisme dalam hati sehingga menghasilkan kolesterol bebas.

Fotosintesis merupakan suatu proses dimana terjadi proses pengolahan energi yang diperoleh dari sinar matahari dan juga karbon dioksida CO2 menjadi senyawa kimia organik. Klorofil a berperan langsung dalam reaksi terang, sedangkan klorofil b tidak secara langsung berperan dalam reaksi terang.

Proses penguraian zat dapat berupa respirasi sel dan fermentasi sel. Selain asam laktat, dalam proses juga terjadi pada alcohol. Golongan monosakarida ini biasanya dikelompokkan dalam triosa, tetrafosfat, pentosaheksosa, dan heptosa.

Reaksi ini dikatalis oleh enzim glikogen sintase. Pada tahapan glikolisis tersebut, enzim mentransfer gugus fosfat dari substrat molekul organic dalam glikolisis ke ADP sehingga prosesnya disebut fosforilasi tingkat substrat Rochimah, Homopolisakarida ; dibentuk oleh monosakarida yang sama, misalnya molekul amilum dan glikogen.

Glukosa 6-fosfat diubah menjadi glukosa 1-fosfat oleh fosfoglukomutase, suatu reaksi yang reversibel.

Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein

Sebenarnya oligosakarida merupakan polisakarida sederhana, tetapi tidak terdapat makalah biosintesis karbohidrat yang jelas antara oligosakarida dan polisakarida. Stress dapat mempengaruhi selera makan dan dapat menyebabkan penumpukan lemak semakin meningkat, secara mudah mekanismenya dapat dijelaskan sebagai berikut: Dalam makhluk hidup, sel merupakan unit penyusun terkecil.

Reaksi ini dikatalisis leh enzim piravat kinase dan menghasilkan energi sebesar kalori. Disakarida merupakan karbohidrat yang bila dihidrolisis menghasilkan dua monosakarida yang sama atau berbeda.

Energi yang digunakan dalam reaksi gelap ini diperoleh dari reaksi terang. Dengan demikian untuk mengubah satu molekul piruvat menjadi fosfoenolpiruvat diperlukan energi sebanyak satu ATP plus satu GTP dan melibatkan paling sedikit empat macam enzim.

Dari kantung empedu lemak akan bergabung dengan bile yang merupakan senyawa yang penting untuk proses pencernaan pada usus kecil.

Pembentukan trigliserida dalam hati akan meningkat apabila makanan sehari-hari mengandung karbohidrat yang berlebihan. Dari skema tahapan glikolisis menunjukkan bahwa energi yang dibutuhkan pada tahap penggunaan energi adalah 2 ATP. Jalur yang dipakai dalam glukoneogenesis adalah modifikasi dan adaptasi dari jalur Embden-Meyerhof dan siklus asam sitrat.

Fungsi Glikogen pada Otot Rangka dan Hati Glikogen terurai terutama menjadi glukosa 1-fosfat yang kemudian diubah menjadi glukosa 6-fosfat. Setelah panjang rantai mencapai 11 residu, potongan yang terdiri dari residu yang diputuskan oleh amino Agar mahasiswa mengetahui jenis karbohidrat 3.

Glikolisis anaerob Bentuk glikolisis adalah sumber utama energi bagi beberapa tanaman dan organisme. Untuk dapat menembus dinding usus, monogliserida dan asam lemak bebas ini harus berikatan terlebih dahulu dengan garam empedu untuk membentuk micelle.

Amfibolisme persimpangan Reaksi ini memiliki lebih dari satu fungsi dan terdapat pada persimpangan metabolisme sehingga bekerja sebagai penghubung antara reaksi anabolisme dan reaksi katabolisme.

MAKALAH METABOLISME KARBOHIDRAT

Peristiwa fermentasi asam laktat ini dapat terjadi di otot dan dalam kondisi anaerob. C6H12O6, sukrosa: Berikut contoh persamaan dua reaksi di atas: Bila senyawa ini terdiri dari dua monosakarida penyusun, disebut disakarida, dan apabila terdiri dari tiga penyusun disebut trisakarida dan seterusnya.

Bila kami membayangkan suatu organism hidup sebagai suatu laboratorium kimia yang sangat istimewa, maka enzim merupakan operator — operator yang terlatih, yang mampu membuat reaksi — reaksi canggih dengan kecepatan terkendali dan hasil yang tinggi.

Hati mengubah karbohidrat menjadi asam lemak, kemudian membentuk trigliserida, trigliserida ini dibawa melalui aliran darah dalam bentuk Very Low Density Lipoprotein VLDL.

Lemak visceral ini berfungsi untuk melindungi organ-organ tubuh bagian dalam.Sebagian besar karbohidrat makanan berbentuk glukosa, galaktosa, dan fruktosa. Setelah dicerna dalam saluran pencernaan gula tersebut diserap dan ditransfer ke hati melalui sistem portal.

Pada hati, galaktosa dan fruktosa segera diubah menjadi glukosa. Untuk kemudian didistribusikan melalui sirkulasi darah ke jaringan-jaringan yang memerlukannya dalam bentuk glukosa darah. makalah karbohidrat KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami lantunkan kehadirat Allah SWT yang mana berkat nikmat dan karunia-NYA lah kami masih bisa diberikan kesehatan sampai detik ini.

Dalam makalah ini kami mencoba menguraikan satu dari sekian materi pada Silabus mata kuliah Biokimia yakni tentang ”Metabolisme vsfmorocco.com: KAMARUDDIN. Makalah ini saya buat berdasarkan apa yang telah saya terima dan juga saya kutib dari berbagi sumber baik dari buku maupu dari media vsfmorocco.com isi dari makalah ini dapat berguna bagi kita dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai apa Author: Agus P3b3.

· Demikianlah materi tentang Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein yang sempat kami berikan. semoga materi yang kami berikan dan jangan lupa juga untuk menyimak materi seputar Makalah Sistem Basis Data yang telah kami posting sebelumnya.

Semoga dapat membantu menambah wawasan anda semikian dan terimah kasih. Biosintesis Karbohidrat Karbohidrat merupakan komponen utama dalam suatu makanan yang merupakan sumber energi yang utama bagi setiap organisme hidup.

Dalam sel-sel tubuh, karbohidrat mengalami berbagai proses vsfmorocco.com: Desly Nha.

Makalah biosintesis karbohidrat
Rated 3/5 based on 43 review